06 August 2010

Informasi Hilal

Untuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Agama bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan Observatorium Bosscha – FMIPA, Institut Teknologi Bandung menyediakan layanan tayangan langsung hilal astronomi melalui halaman web ini. Secara khusus, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menangani pengamatan di Nusa Tenggara Barat, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Karim membantu pengamatan di Pekanbaru Riau, Rukyatul Hilal Indonesia menangani pengamatan di Yogyakarta, Planetarium Jagad Raya menangani pengamatan di Tenggarong dan LAPAN menangani pengamatan di Biak Papua dan Anyer Banten. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.


Hilal merupakan awal masuknya bulan baru pada kalender qomariyah (bulan), termasuk kalender Hijriah. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.



Informasi hilal astronomi yang disampaikan ini kiranya dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan yang diperlukan bagi pengambilan keputusan oleh Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan. Hal ini sangat penting karena menyangkut hajat umat Islam baik secara nasional maupun regional.

Website ini memberikan informasi Hilal tahun 2010, Berupa Video Streaming Hilal Ramadhan dan Syawal dari beberapa titik lokasi pengamatan yang telah ditentukan. Adapun titik titik pengamatan tersebut adalah

A. Biak Papua
B. Pantai Barat Kupang
C. Mataram NTB
D. Condrodipo Gresik
E. Lantai atas MTB Makasar
F. Tenggarong Kaltim
G. Bukit Belabelu Yogyakarta
H. Bosscha Bandung
I. UPI BANDUNG
J. Anyer Banten
K. Pekanbaru Riau
L. Lok Ngah Aceh

Berikut letak ketinggian Hilal pada tanggal 10 Agustus :

bmkg




Sepenuhnya diambil dari http://hilal.depkominfo.go.id/

3 comments:

  1. bagus. ada streamingnya. makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Mantab gan, kasih lagi tulisan info info yang penting bagi kita semua

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya kak, artikelnya bagus ...
    ittelkom-sby.ac.id

    ReplyDelete